YAYASAN CARITRA

Yayasan Caritra atau yang dikenal dengan Housing Resource Center (HRC) berperan dalam pengembangan kawasan perkotaan dan perdesaan, studi kebijakan dan peraturan pemerintah, dan layanan klinik rumah sehat.

 

Caritra awalnya diinisiasi oleh para aktivis perumahan, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, UNHabitat, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pasca gempa 2006 di Yogyakarta. Layanan awal Caritra meliputi penyediaan informasi, pengelolaan forum penanganan bencana dan perumahan. Saat ini Caritra telah melayani 14 kabupaten/kota dan provinsi di Indonesia dengan berbagai program terkait perumahan dan perkotaan.

 

Ide inovasi inklusi untuk kompetisi IDEAKSI: Metode perencanaan desa yang inklusif dan tanggap terhadap bencana dengan masterplan desa.

 

Tentang inovasi: Masterplan desa merupakan metode perencanaan desa jangka panjang yang mengedepankan penyelesaian terhadap tantangan ketimpangan distribusi pembangunan desa, tantangan urbanisasi, tantangan konversi lahan dan yang terpenting dilakukan di awal perencanaan yakni menyelesaikan tantangan kebencanaan. Masterplan desa akan mengembangkan SDM di lingkungan desa untuk bergerak mandiri dalam membangun desa nya secara inklusif.