CIQAL

Yayasan CIQAL, atau biasa disebut CIQAL(Center for Improving Qualified Activity in Life of People with Disabilities/Pusat untuk Pengembangan Kegiatan yang Berkualitas dalam Kehidupan Penyandang Disabilitas)adalah lembaga yang melaksanakan  program-program upaya pemberdayaan ekonomi dan advokasi bagi penyandang Disabilitas menuju kehidupan yang mandiri dan sejahtera. Fokus kegiatan yang dilakukan adalah advokasi dan pemberdayaan ekonomi. CIQAL juga berpengalaman dalam kegiatan yang terkait dengan penanganan Ketika terjadi bencana ataupun melakukan Pendidikan pengurangan resiko bencana khususnya bagi penyandang disabilitas. Pengalaman kami dalam menangani korban gempa tahun 2006 dan korban erupsi Merapi. CIQAL juga berpengalaman dalam mengadvokasi dalam memasukkan pembelajaran Pendidikan pengurangan bencana pada Pendidikan ekstrakurikuler kepramukaan

 

Ide inovasi inklusi untuk kompetisi IDEAKSI: Partisipasi penyandang disabilitas dalam masyarakat dalam tanggap darurat dan penyiapan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

 

Tentang inovasi: Pada saat ini belum semua penyandang disabilitas memahami konsep tentang kebencanaan. Pendidikan pengurangan risiko bencana baru dilakukan dalam pilot project di sekolah tertentu atau di wilayah tertentu saja. mendapatkan kesempatan. Pada suatu daerah tertentu bisa jadi penyandang disabilitas dan kelompok rentan lainnya belum memiliki pemahaman apa itu yang disebut bencana, bagaimana menyelamatkan diri dan bencana dan bagaimana mempersiapkan diri apabila terjadi bencana. Demikian pula masyarakat dan tim tanggap bencana belum semua memiliki pemahaman serta belum mengetahui dimana letak keberadaan penyandang disabilitas dan kelompok rentan. Tim Tanggap Bencana juga belum memiliki pemahaman yang cukup dalam memperlakukan penyandang disabilitas dan kelompok rentan ketika memberikan Pendidikan pengurangan risiko bencana, ketika terjadi bencana serta pasca bencana.