DIFAGANA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

DIFAGANA DI YOGYAKARTA atau lebih familiar disebut dengan DIFAGANA adalah sebuah Lembaga atau Organisasi Relawan Kebencanaan yang beranggotakan Penyandang Disabilitas/Difabel, Orangtua atau pendamping Difabel. Berdiri pada tahun pada akhir November 2017 yang diinisiasi oleh Dinas Sosial DI Yogyakarta. DIFAGANA juga disebut sahabat TAGANA (Taruna Siaga Bencana) karena banyak bermitra dengan TAGANA dalam kerja-kerja atau giat-giat yang dilakukan. Fokus Isu kami adalah isu kebencanaan, baik bencana alam maupun non alam. Kami adalah salah satu yang meng advokasi penanggulangan bencana berbasis Inklusif.

 

Ide inovasi inklusi untuk kompetisi IDEAKSI: DIFGAN sebuah aplikasi kebencanaan sebagai upaya Mitigasi terhadap Kelompok Rentan di Dusun Garongan, Kalurahan Wonokerto, Kecamatan Turi, Sleman, DI Yogyakarta

 

Tentang inovasi: Di dalam wilayah suatu Desa atau pedusunan pasti memiliki kelompok warga yang memiliki kerentanan, seperti misalnya warga lansia dan penyandang disabilitas. Saat terjadi bencana alam, kelompok rentan ini mempunyai resiko menjadi korban bencana lebih besar dari pada warga yang lain. Apalagi seperti yang kita ketahui bahwa wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta adalah wilayah rawan bencana alam. Oleh sebab itu dibutuhkan kesiapsiagaan sejak dini sebagai upaya mitigasi terhadap bencana alam. Saat ini tehnologi informasi sudah jauh masuk ke desa-desa, bahkan ke wilayah yang lebih kecil dari luasan wilayah Desa/Kelurahan seperti wilayah pedusunan. Hampir sebagian besar warga menggunakan HP Android. Berdasarkan hal ini kami menggunakan tehnologi Android untuk mengelola sistem bencana dan edukasi terhadap kebencanaan.