FORUM PENGURANGAN RISIKO BENCANA

(FPRB GK) KABUPATEN GUNUNGKIDUL

FPRB Gunungkidul adalah organisasi yang khusus bergerak dalam bidang kebencanaan di Kabupaten Gunungkidul, yang beranggotakan multipihak yang fokus pada mitigasi pengurangan risiko bencana, fasilitasi pembentukan desa tangguh bencana, pendampingan kelompok rentan, sosialisasi dan simulasi kebencanaan FPRB. Gunungkidul berdiri tahun 2014, secara sah melalui SK Bupati Gunungkidul 2015.

 

Ide inovasi inklusi untuk kompetisi IDEAKSI: Aplikasi Musyawarah Digital Inklusif Pengurangan Risiko Bencana bagi Disabilitas 

 

Tentang inovasi: Wilayah yang cukup luas dengan kondisi topografi berbukit dengan kemiringan sedang hingga tinggi dan menyimpan potensi bencana tentunya sangat menyulitkan bagi penduduk disabilitas untuk aktif dalam berbagai kegiatan maupun dan mengakses pengetahuan dan wawasan. Oleh sebab itu diperlukan sebuah terobosan untuk menjembatani untuk bisa membantu kelompok difabilitas dalam membangun kapasitas pengetahuan, organisasi dan juga menyampaikan aspirasi terkait PRB.

 

Nah saat ini kan hampir semua difabel ataupun pendampingnya dapat dipastikan memiliki handphone paling tidak android. Ide nya sederhana yaitu Membangun Aplikasi Musyawarah Digital Pengurangan Risiko Bencana bagi Difabilitas. Kenapa harus mulai melakukan Musyawarah digital? Alasannya adalah salah satunya kita harus terus membantu menyiapkan kelompok Disabilitas untuk terus aktif mengembangkan kapasitas diri dan menyerap aspirasi mereka dalam berbagai kondisi misalnya terjadi pandemi saat ini yang kemudian menghalangi tatap muka.