APA ITU IDEAKSI?

 

CLIP “Community Led Innovation Partnership" oleh YAKKUM Emergency Unit (YEU) menyelenggarakan IDEAKSI (ide inovasi aksi inklusi) sebagai ruang untuk menemukan dan mengembangkan inovasi-inovasi oleh kelompok masyarakat dalam penanggulangan bencana dan perubahan iklim yang bersifat inklusif.

 

Kami percaya bahwa semua lapisan masyarakat, tanpa terkecuali, berhak atas akses, perlindungan, bantuan dan dukungan dalam berbagai bentuk ketika terjadi bencana. Untuk menjawab tantangan tersebut, IDEAKSI mencari inovator lokal untuk menemukan inovasi yang inklusi. Inovasi tidak harus berupa teknologi namun juga bisa dilakukan dengan pendekatan tradisional yang mampu melibatkan semua pihak di dalam struktur masyarakat.

 

 

VISI

 

Menjadi garda terdepan dalam menjaring inovasi dengan pendekatan tradisional yang mampu melibatkan semua pihak di dalam struktur masyarakat.

 

MISI

 

Mengatasi hambatan bagi difabel dan kelompok rentan lainnya dalam berpartisipasi secara aktif, serta memiliki kapasitas dalam tanggap bencana dan kesiapsiagaan dan meningkatkan efektivitas tanggap kedaruratan dan inisiatif pengurangan risiko bencana.

 

IDEAKSI dilaksanakan di Daerah Istimewa Yogyakarta karena terdapat sekitar 45.000 lanjut usia atau sekitar 13% dari total populasi penduduk. Dengan ini, Yogyakarta terhitung sebagai provinsi dengan jumlah lansia tertinggi di Indonesia. Terdapat 40.050 penyandang disabilitas, yang membuat Yogyakarta menduduki peringkat ke-empat sebagai provinsi yang memiliki jumlah penyandang disabilitas terbanyak. 

 

Yogyakarta juga memiliki 12 potensi ancaman bencana yang berisiko dari skala sedang hingga tinggi dan memiliki tingkat kerentanan dan keterpaparan yang tinggi terhadap risiko bencana, termasuk perubahan iklim dan pandemi yang turut menambah kerentanan. Berdasar hasil kajian ketahanan daerah Yogyakarta (RAD DIY, 2020) terutama pada aspek kapasitas menunjukan bahwa Pemerintah Yogyakarta dan komunitas telah memiliki komitmen terkait pengurangan risiko bencana namun perlu upaya berkelanjutan untuk mengurangi dampak negatif dari bencana. 

 

Berbagai kampanye untuk menumbuhkan kesadaran publik serta penguatan kapasitas kesiapsiagaan di berbagai wilayah di Yogyakarta terus dilakukan dengan harapan agar masyarakat semakin tangguh, siaga dan inovatif dalam menghadapi dampak bencana.

 

HASIL CAPAIAN YANG DIHARAPKAN MELALUI PROYEK IDEAKSI

 

 

Inovasi mengatasi hambatan bagi penyandang disabilitas dan kelompok rentan lainnya dalam berpartisipasi secara aktif, serta memiliki kapasitas dalam tanggap bencana dan kesiapsiagaan.

 

 

Inovasi meningkatkan efektivitas tanggap kedaruratan dan inisiatif pengurangan risiko bencana.

 

Inovasi mendorong pelibatan penyandang disabilitas & kelompok rentan lainnya dalam proses koordinasi & pembuatan kebijakan terkait penanggulangan bencana.