JURI DAN MENTOR

Juri untuk kompetisi IDEAKSI adalah pelaku kemanusiaan yang telah terjun langsung dan terlibat dengan komunitas difabel, penanggulangan bencana, serta aktif dalam membahas dan memperjuangkan misi kemanusiaan. Berikut profil Juri dan Mentor IDEAKSI:

 

Sipora Purwanti

 

Purwanti atau yang akrab dipanggil Ipung adalah seorang organizer komunitas difabel, trainer disabilitas, trainer CBR, trainer advokasi, trainer pemberdayaan masyarakat dan paralegal untuk kasus disabilitas berhadapan dengan hukum.

Ipung saat ini aktif di SIGAB (Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel), sebuah organisasi nirlaba yang memperjuangkan hak-hak difabel di seluruh Indonesia demi terwujud kehidupan yang setara dan inklusif.

 

 

Danang Samsurizal, S.T.

 

Danang Samsurizal merupakan Kepala Bidang Penanganan Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta.  Salah satu tugas yang dilaksanakan adalah melaksanakan pengelolaan kedaruratan dan pengendalian operasi untuk peningkatan rerata kecepatan waktu respon kejadian bencana.

 

 

Titi Moektijasih

 

Titi Moektijsih merupakan sosok pelaku kemanusiaan yang sangat aktif.  Titi adalah bagian dari UN Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (UNOCHA) sebagai Humanitarian Affairs Analyst atau Analis di Bidang Kemanusiaan dan telah terlibat di berbagai bidang kemanusiaan di Indonesia, seperti bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah. 

 

 

Winta Guspara

 

Winta atau dikenal dengan panggilan Tata adalah seorang pengajar di UKDW Yogyakarta dan saat ini tergabung dalam laboratorium inklusi Program Studi Desain Produk sebagai anggota. Bidang fokus Tata ada di bidang micro-mobility atau pergerakan pendek dalam studi kasus kebencanaan dan inklusi. Salah satu agenda laboratorium inklusi adalah melakukan perancangan meja kebencanaan bagi pengguna kursi roda yang memperoleh penghargaan ke-3 di tahun 2019 dalam acara Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Riset Kebencanaan ke-6 di Bogor. 

 

 

Surya Rahman

 

Surya Rahman dikenal sebagai Executive Director Humanitarian Forum Indonesia (HFI), forum yang berkomitmen untuk meningkatkan hubungan antar aktor kemanusiaan dengan memperkuat peningkatan kapasitas, koordinasi, dan kemitraan antar pelaku kemanusiaan.

 

MENTOR INOVASI

 

 

U-Inspire Indonesia

 

U-Inspire merupakan platform pemuda dan profesional muda dalam Sains, Teknik, Teknologi dan Inovasi (SETI) untuk mempercepat implementasi Pengurangan Risiko Bencana (PRB) serta mendukung kebijakan dan aksi PRB di tingkat lokal, nasional, dan internasional.
U-Inspire telah terdaftar secara resmi sebagai asosiasi di bawah “Perkumpulan Pemuda Dan Profesional Muda Dalam Ilmu Pengetahuan, Rekayasa Teknologi dan Inovasi” oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia.

 

MENTOR INKLUSI

 

 

 

Ratna Susi

 

Ratna Susi adalah Penasihat Inklusi untuk Proyek CLIP dan juga bekerja di YEU yang telah berkecimpung dalam pekerjaan kemanusiaan dan kesiapsiagaan bencana sejak 2006. Susi telah memfasilitasi berbagai macam pelatihan sejak 2009 di berbagai wilayah di Indonesia, khususnya terkait Pengurangan Risiko Bencana yang inklusi serta tentang Sekolah Siaga Bencana yang diselenggarakan BPBD & BNPB, dan pelatihan lainnya.