LINGKUP INDONESIA

Kelompok Lingkup (Lumbung Informasi Lingkungan Hidup) Indonesia. Berdiri sejak tahun 2019, Lingkup Indonesia menjadi sebuah lembaga swadaya masyarakat yang konsen di bidang pelestarian lingkungan berbasis penelitian, pendidikan, perlindungan, serta pemanfaatan sumberdaya alam dengan mengedepankan prinsip-prinsip berkelanjutan, melalui pelibatan masyarakat secara partisipatif guna menyelaraskan nilai-nilai sosial dan kelestarian lingkungan. LIngkup Indonesia juga berkegiatan pada isu-isu kebencanaan melalui ruang lingkup kebencanaan, ekologi, dan inklusi.

 

Ide inovasi inklusi untuk kompetisi IDEAKSI: Mendorong Tata Kelola PRB yang Ekologis dan Inklusif di Desa melalui Audit Sosial yang Dilakukan oleh Disabilitas, Lansia, dan Kelompok Rentan Lainnya.

 

Tentang inovasi: Upaya membuka ruang partisipasi, akses, kontrol dan manfaat bagi kelompok rentan sangat dibutuhkan karena minimnya partisipasi, akses, kontrol dan manfaat yang diperoleh disabilitas, lanjut usia dan kelompok rentan lainnya. Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas kelompok rentan agar dapat mengurangi risiko bencana yang ditimbulkannya.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk membuka ruang tersebut adalah audit sosial oleh kelompok rentan tersebut.